Sidoarjo Masih Zona Merah Covid-19, Kadinkes Sebut Ada Kesalahan Data

jatimnow.com - Hingga saat ini Kabupaten Sidoarjo masih berada di zona merah atau wilayah dengan risiko penularan Virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sidoarjo dr Syaf Satriawarman menjelaskan, pola masyarakat yang masih belum sepenuhnya taat protokol kesehatan membuat Kota Udang masih belum bisa keluar dari zona merah.

"Makanya Sidoarjo ini agak sulit untuk menerjang masuk ke zona oranye itu, karena ya gini ini mas. Yang bisa saya kendalikan itu hanya di sekitar-sekitar puskesmas. Tapi lainnya sulit minta ampun," ujar dr Syaf, Senin (24/8/2020).

Menurut dr Syaf, dinas kesehatan dan tim gugus tugas dibantu Polri dan TNI juga sudah semaksimal mungkin melakukan progress protokol kesehatan kepada masyarakat Sidoarjo.

"Kami tidak bisa mengerjakan sendiri tanpa dukungan dari Polri, TNI, forkopimda daerah seperti kecamatan dan lain sebagainya," tambahnya.

Meski imbauan dan operasi penindakan terhadap pelanggaran protokol kesehatan terus menerus dilakukan, tapi menurut dr Syaf, masih banyak masyarakat yang bandel dengan kumpul-kumpul.

"Ya untuk apa ada desa tangguh, tapi apa-apa masih kumpul kayak gitu. Kan jadi percuma. Ya seharusnya mereka sudah paham betul," paparnya.

dr Syaf menyebut, pihaknya akan memperbaiki data dan akan melaporkan ke pusat agar Sidoarjo segera masuk ke zona oranye.

"Masih merah kita (Sidoarjo) sama Surabaya sekarang jadi merah. Tapi kita sedang memperbaiki data dan akan kita laporkan ke pusat. Mudah-mudahan segera jadi oranye," sambung dr Syaf.

"Karena memang kemarin ada kesalahan data yang diusulkan dari provinsi. Punya kita ya masih, istilahnya masih kurang. Padahal data di lapangan kita sudah benar. Terus kita hitung sendiri sudah oranye seharusnya. Ya mudah-mudahan dalam minggu depan ini bisa jadi oranye," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top