jatimnow alexametrics

Pandemi Covid-19

Siswa Kesulitan Belajar Daring, Guru di Madiun ini Mengajar Gunakan HT

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mita Kusuma
Guru kelas VI mengajarkan pelajaran menggunakan HT kepada muridnya
Guru kelas VI mengajarkan pelajaran menggunakan HT kepada muridnya

jatimnow.com - Guru Kelas VI SDN 1 Balerejo, Kecamatan Kebonsari, Madiun, Anifatul Maghfiroh melakukan inovasi pembelajaran jarak jauh menggunakan handy talkie (HT) di masa Pandemi Covid-19.

Ia menggunakan HT karena melihat siswanya kesulitan mengikuti pelajaran secara daring karena tidak memiliki handphone atau kesulitan beli kuota internet.

"Ada yang karena kehabisan data internet dan ada pula yang memang tidak punya handphone," katanya, Selasa (11/8/2020).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Tidak semua wali murid mampu membeli paket data internet untuk menunjang belajar secara daring. Dengan menggunakan HT, orang tua tidak perlu membeli kuota. Disebutkannya, dari puluhan siswanya ada 3 siswa yang tergolong tidak mampu.

"Sebulan itu saya coba evaluasi. Ternyata dari sekian ada tiga yang tidak mampu karena kurang mengikuti pembelajaran," lanjut dia.

Dia mengaku tidak mungkin membatalkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan juga tidak dapat mengunjungi rumah siswanya yang tidak mampu.

"Saya lalu ingat sekolah mempunyai HT saat ekstrakurikuler pramuka. Daripada ndak kepakai lebih baik saya pakai, " jelasnya

Atul pun meminjamkan HT ke tiga siswanya. HT digunakan untuk belajar bersama. Kelompok tersebut belajar di rumah siswa yang telah disepakati.

Saat belajar, Atul menyampaikan materi pelajaran dan memberikan tugas kepada siswa. Siswa juga dapat bertanya kepada Atul lewat HT.

Sementara bagi siswa yang mampu membeli kuota internet, aktivitas belajar jarak jauh tetap menggunakan metode online.

Meski baru sepekan berlangsung, kegiatan belajar mengajar menggunakan HT berjalan lancar. Para siswa, kata dia, tak kesulitan menggunakan HT tersebut.

"Saya pun bisa mengecek kondisi anak setiap hari selama masa pembelajaran berlangsung," pungkasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif