9 ASN di Pemkot Batu Konfirm Covid-19, Wawali: Bukan Klaster Baru

jatimnow.com - 9 aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota (Pemkot) Batu konfirm Covid-19. Meski begitu, Wakil Wali Kota (Wawali) Batu Punjul Santoso menyebut Balai Kota Among Tani (BAT) bukan klaster baru.

Wawali Punjul menyebut, BAT belum bisa dikatakan sebagai klaster baru penyebaran Covid-19. Sebab belum terjadi transmisi lokal di gedung tempat para ASM Pemkot Batu bekerja itu.

"Kasus terkonfirmasi positif ASN maupun staf di BAT didapat dari kontak luar. Hanya ada satu kasus yang berawal dari staf, lalu menular ke pimpinannya. BAT bukan klaster baru. Kalau klaster baru, dari satu orang menular beberapa orang sekitar," tegas Wawali Punjul, Selasa (28/7/2020).

Menurutnya, transmisi lokal hanya terjadi di Bagian Kesra Setda Pemkot Batu, yang beberapa waktu lalu sudah disemprot disinfektan oleh Satgas Covid-19, mulai lantai tiga hingga lima. Beberapa kantor juga ditutup untuk mencegah penyebaran.

"Bu Wali juga memerintahkan kebiasan berbeda bagi seluruh pegawai dan staf. Mereka diberi jatah 2,5 jam untuk berdinas di dalam ruangan. Kemudian keluar berjemur 30 menit sembari beristirahat. Lalu masuk lagi sehingga tidak penuh seperti hari-hari biasa," ungkap Politisi PDI Perjuangan ini.

Selain itu, lanjutnya, mesin pendingin ruangan juga dimatikan. Sebagai gantinya, jendela yang terdapat di dalam ruangan harus dibuka agar ada sirkulasi udara. Pegawai juga tidak hanya berjemur pada pagi hari saja, melainkan juga pada menjelang siang hari.

"Mulai Senin ini, maksimal di dalam gedung 2,5 jam. AC yang satu sentral, sekarang sudah dimatikan dan gantinya jendela dibuka," tambahnya.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M Chori membenarkan ada 9 ASN dan satu orang meninggal dengan status konfirmasi Covid-19. Itu tercatat hingga Senin (27/7/2020).

"Kami langsung melakukan pelacakan dan tes terhadap orang-orang terdekat. Hal itu untuk mengetahui peta sebaran penularan sekaligus melakukan penanganan secepatnya," jelas Chori yang juga menjadi Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu ini.

Update sebaran Covid-19 di Kota Batu yang dikeluarkan dinas kesehatan hingga Senin (27/7/2020), total pasien konfirm Covid-19 sebanyak 161 orang. Dari jumlah itu, yang dinyatakan sembuh 135, masih dirawat 3, isolasi di rumah 9, isolasi shelter 5 dan meninggal 9 orang.

 

Reporter: Galih Rakasiwi

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top