Ketika Mobil Tes Urine On The Spot Milik Polrestabes Surabaya Beraksi

jatimnow.com - Satresnarkoba Polrestabes Surabaya punya inovasi baru menekan penggunaan dan peredaran narkoba di masa Pandemi Covid-19. Satuan yang dipimpin AKBP Memo Ardian ini membuat mobil tes urine.

Memo menjelaskan, mobil itu akan berkeliling setiap hari di waktu dan tempat yang ditentukan secara mendadak. Mobil yang dilengkapi alat tes urine cepat dan sejumlah personel itu akan menyasar semua warga yang dianggap mencurigakan.

"Jadi mobil ini akan berkeliling di wilayah hukum Polrestabes Surabaya untuk melakukan tes urine on the spot," terang Memo.

Pada Jumat (24/7/2020) malam hingga Sabtu (25/7/2020) dinihari, Memo bersama sejumlah anggotanya berkeliling mencari sasaran menggunakan mobil tersebut. Mereka mendapati satu dari beberapa pemuda diduga melakukan balap liar di Jalan Semarang, tes urine-nya positif.

Sejumlah pemuda yang berkerumum didatangi mobil tes urine dan dilakukan tes urine cepat on the spotSejumlah pemuda yang berkerumum didatangi mobil tes urine dan dilakukan tes urine cepat on the spot

"Ada lima pemuda yang dites urine. Satu di antaranya terindikasi positif narkoba. Saat ini sedang kami lakukan pemeriksaan, kami kembangkan," ungkap Memo Ardian, Sabtu (25/7/2020).

Alumni AKPOL Tahun 2002 ini menambahkan, awalnya ia dan anggotanya melintas di Jalan Semarang. Sampai di sana mereka mendapati sejumlah pemuda yang melaju kencang dengan mengendarai motor.

Setelah diberikan imbauan, sekelompok pemuda itu malah putar balik. Lantaran gerak-geriknya mencurigakan, mereka dihentikan dan diamankan. Namun sebelum diamankan, para pemuda itu malah melempari mobil dengan batu.

Setelah berhasil diamankan, para pemuda itu langsung dilakukan tes urine. Dan satu di antaranya pemuda itu terindikasi positif narkoba. Sedangkan lainnya dilimpahkan ke Polsek Bubutan.

Sejumlah pemuda yang berkerumum didatangi mobil tes urine dan dilakukan tes urine cepat on the spotSejumlah pemuda yang berkerumum didatangi mobil tes urine dan dilakukan tes urine cepat on the spot

"Razia tes urine on the spot ini dilakukan tidak bisa terjadwal dengan pasti atau dadakan. Namun ketika ada informasi dari anggota kepolisian maupun masyarakat ada kerumunan pada jam malam, langsung kita datangi," jelas Memo.

"Jadi kalau ada yang masih nekat ngumpul-ngumpul, kami berikan imbauan tidak diindahkan, mobil urine tes, mobil swab narkotika dan alat deteksi zat adiktif akan siap mengetes," tambahnya.

Dalam razia itu, petugas juga sempat mendatangi sejumlah warung di kawasan Wonokromo yang masih ramai dibuat nongkrong. Saat diberikan imbauan untuk segera bubar, mereka langsung semburat.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top