Misteri Rambut Berusia 200 Tahun di Makam Mbah Gimbal Kota Probolinggo

jatimnow.com - Makam Mbah Gimbal atau KH Aby Hamidin yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Dusun Kramat, Kelurahan Mangunharjo Kota Probolinggo ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah.

Makam Mbah Gimbal itu diapit dengan dua makam lain yang diketahui merupakan sahabat dan hadam (sahabat).

Juru kunci makam Mbah Gimbal, Slamet Riyanto mengatakan peziarah yang datang kebanyakan adalah orang yang ingin menjadi pejabat pemerintahan dan politisi.

"Banyak yang ziarah, bahkan warga Tanggerang Banten pun juga sempat datang ke Makam Mbah Gimbal. Biasanya yang ingin mendapatkan kedudukan atau jabatan datang ke sini. Contohnya adalah seorang caleg dari PDIP yang kini jadi anggota dewan Kota Probolinggo," katanya, Jumat (17/7/2020).

Ia menyebutkan, di makam ini juga masih tersimpan rapi peninggalan Mbah Gimbal berupa rambut yang memiliki panjang sekitar 1,5 meter dengan berat sekitar 5 kilogram.

Rambut itu hingga kini masih utuh meski sudah berusia ratusan tahun sepeninggal Mbah Gimbal.

"Rambut Mbah Gimbal ini sudah berusia 200 tahunan, tapi sekarang masih saja utuh," terangnya.

Slamet yang mengaku keturunan keempat tersebut mengakui jika rambut Mbah Gimbal tersebut memang memiliki makna pada sosok beliau.

"Menurut cerita mbah saya, Mbah Gimbal merupakan sosok pejuang penyiar Agama Islam dengan memiliki rambut panjang dan tebal," cerita dia.

Sayangnya Slamet tidak berani untuk memperlihatkan rambut yang dibungkus kain tersebut.

"Untuk membuka rambut Mbah Gimbal tidak semua hari bisa diperlihatkan, hanya malam Jumat saja ini bisa dibuka," terangnya.

Bahkan untuk membuka kain yang membungkus rambut Mbah Gimbal itu juga harus melakukan ritual dan sesajen.

"Kalau bukan hari dan tidak ada sesajen saya tidak berani. Takut ada apa-apa dengan saya jika hal itu dilakukan. Itu sesuai pesan kakek saya," jelasnya.

Slamet menyebutkan jika rambut Mbah Gimbal memiliki keistimewaan tersendiri.

"Dalam setiap bulan rambut almarhum Mbah Gimbal berubah-ubah warnanya," tandasnya.

Makam Mbah Gimbal atau KH Aby Hamidin

Juru kunci makam Mbah Gimbal, Slamet Riyanto tunjukkan rambut Mbah Gimbal yang terbungkus kain 

 

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top