Pandemi Covid-19

Selokan Kotor di Kota Probolinggo Disulap Jadi Kolam Ikan Nila

jatimnow.com - Warga Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo menyulap selokan yang dulunya kotor menjadi tempat budidaya ikan nila. Upaya itu dilakukan untuk menyongsong new normal life.

Iin Andarwati salah seorang warga setempat mengaku, dulunya selokan tersebut kotor dan tidak terawat. Namun saat ini warga mulai sadar untuk mengelola aliran selokan itu menjadi tempat budidaya ikan.

"Selain mengelola air selokan dengan pelihara ikan nila, warga juga mengubah tampilan lingkungan di sepanjang area tersebut dengan melakukan pengecatan beragam warna dan tanaman hias," kata Iin, Jumat (10/7/20209.

Dia juga menjelaskan, upaya itu dilakukan warga untuk menciptakan lingkungan bersih dan nyaman. Saat ini lokasi tersebut dikenal dengan sebutan Kampung Wirosecang dan diresmikan sebagai salah satu area Kampung Tanggu Semeru di Kota Probolinggo.

"Ini wujud kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona," jelas dia.

Dia menyebut, benih ikan nila yang ditebar merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Probolinggo.

"Alhamdulillah benih ikannya sudah dilepas liarkan," tambah Iin.

Sementara Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya mengatakan, Kampung Tangguh Semeru di Kota Probolinggo ini dibentuk dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Juga untuk menciptakan gerakan ketahanan pangan nasional.

"Sehingga warga bisa secara gotong royong untuk bisa menjadikan wilayahnya sebagai salah satu penopang kebutuhan pangan di tingkat lokal maupun masyarakat di lingkungannya," beber Ambar.

Seperti halnya pengelolaan ikan nila ini, Ambar meminta kepada masyarakat agar benih yang ditebar bisa bertahan hidup dan berkembang biak. Sehingga warga bisa menikmati hasil dan bisa dikonsumsi bersama.

"Kami bersama Forkompinda sangat mendukung atas inisiatif warga dalam memajukan lingkungannya," ungkapnya.

Ambar juga menjelaskan bahwa benih ikan nila yang diberikan kepada warga di Kampung Wirosecang tersebut jumlahnya mencapai 3000 ekor.

"Ikan ini akan berkembang biak dan bisa menjadi pendukung kehidupan masyarakat. Selain bernilai ekonomis, kampung ini bisa menjadi sehat dan indah," tandasnya.

Warga Kampung Tangguh Semeru di Kota Probolinggo sulap selokan kotor jadi kolam ikan nilaWarga Kampung Tangguh Semeru di Kota Probolinggo sulap selokan kotor jadi kolam ikan nila

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top