Akun Facebook Milik Lapas Pasuruan Jadi Lapak Jualan Handphone

jatimnow.com - Akun media sosial (medsos) Facebook (FB) milik Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasuruan dijadikan lapak jualan handphone.

Dalam postingannya, tertulis jika Toko Erafone Indonesia sedang mengadakan event promo handphone dengan harga murah.

"Kita tahunya di hack itu ya sekitar pukul 16.00 Wib tadi. Kita coba login, ternyata pasword dan emailnya sudah diganti. Setelah itu kita rame-rame komen di kolom komentar jika akun Lapas Pasuruan ini di hack," jelas Kasi Binadik Lapas Pasuruan, Waskito Budi Darmo, Sabtu (4/7/2020).

Petugas Lapas Pasuruan merasa khawatir karena para pengikut medsos yang mayoritas merupakan para keluarga narapidana (napi) tertarik dengan postingan sang hacker tersebut.

Itu yang membuat Lapas mengcounter postingan di kolom komentar agar tidak ada orang tertipu dengan postingan hacker tak bertanggungjawab tersebut.

"Setelah kita rame-rame berkomentar di kolom komentar postingan jika akun Lapas Pasuruan di hack, sekitar pukul 18.00 Wib postingan itu dihapus," ujar dia.

Hingga kini, akun FB Lapas Pasuruan masih terkunci dan tidak bisa dilakukan login dengan email semula. Waskito mengaku masih ada akun Twitter dan Instagram yang belum di hack.

"Ulah hacker ini sangat merugikan kami. Keberadaan akun medsos ini sangat penting. Karena keluarga dari warga binaan pemasyarakatan (narapidana), kalau lihat pengumuman ya di medsos kami," terangnya.

Pihak Lapas khawatir jika akun medsos lembaganya akan dibuat menshare video porno seperti ulah hacker sebagaimana umumnya.

"Kita khawatir jika akun yang di hack itu dibuat menshare video yang macam-macam. Kita akan melaporkan ini ke tim Cyber Polres Pasuruan Kota," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top