Pandemi Covid-19

Pesan Presiden ke Gubernur hingga Wali Kota: Kebijakan Merujuk Data

jatimnow.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan khusus kepada gubernur, bupati dan wali kota agar setiap membuat kebijakan selalu merujuk pada data sains.

"Saya titip utamanya gubernur, bupati dan wali kota agar setiap membuat kebijakan, agar setiap membuat policy selalu merujuk pada data sains. Dan juga saran dari sainstis," kata Presiden Jokowi saat kunjungan kerja terkait penanganan Pandemi Covid-19 di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Kamis (25/6/2020).

"Jangan kita membuat kebijakan, membuat policy tanpa melihat data. Minta masukan dari pakar epidemilogi, minta saran dari pakar-pakar perguruan tinggi. Tanpa mendengarkan saran dari para pakar, ini berbahaya," tegasnya.

Presiden Jokowi juga meminta kepada kepala daerah untuk menyiapkan rencana penanganannya dan selalu siaga menghadapi situasi yang tidak terduga.

"Saya juga minta disiapkan plan A, plan B, plan C-nya, agar kita betul-betul terus siaga menghadapi situasi yang tidak terduga," katanya.

Presiden Jokowi mendapatkan informasi bahwa di tingkat dunia sudah mendekati angka 10 juta jiwa yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hati-hati. Informasi yang saya terima tadi pagi, dunia sudah mendekati ke 10 juta kasus positif. Hati-hati, kita tidak ingin ikut terseret pada angka-angka yang besar. Oleh sebab itu perlu kita terus siaga menghadapi situasi yang tidak terduga," terangnya.

Presiden meminta dikalkulasi, dihitung, serta menyiapkan langkah antisipasinya semuanya.

"Kalkulasi semua, hitung semuanya, baik yang namanya rumah sakit darurat, kebutuhan SDM, kebutuhan tempat tidur, tempat tidur untuk isolasi, baik di rumah sakit darurat lapangan maupun rumah sakit rujukan betul-betul disiapkan," jelasnya.

 

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top