jatimnow alexametrics

RS Ibnu Sina Gresik Pakai Probiotik untuk Pasien Covid-19

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Sahlul Fahmi
Dirut RSUD Ibnu Sina Gresik, dr Endang Puspitowati
Dirut RSUD Ibnu Sina Gresik, dr Endang Puspitowati

jatimnow.com - RSUD Ibnu Sina Gresik terus melakukan berbagai cara untuk menyembuhkan para pasien positif Covid-19. Salah satu cara yang digunakan manajemen yaitu memberikan probiotik kepada para pasien.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Ibnu Sina Gresik dr Endang Puspitowati mengatakan, pemberian probiotik telah dicoba kepada 54 pasien positif Covid-19.

"Setelah kami berikan probiotik, 48 pasien kondisinya membaik," terang Endang, Senin (22/6/2028).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Endang menambahkan, jika sebelum diberi probiotik, pasien positif Covid-19 rata-rata bisa sembuh setelah dirawat 60 hari lebih. Tapi pemberian probiotik banyak pasien bisa sembuh lebih cepat, yaitu sekitar 30 hari.

Sementara Prof. Dr. Subijanto Marto Sudarmono yang hadir dalam evaluasi penggunaan probiotik pada pasien positif Covid-19 di ruang Komite Medik RSUD Ibnu Sina menjelaskan mengenai manfaat probiotik pada ketahanan tubuh manusia.

Prof Dr Subijanto Marto Sudarmono menjelaskan tentang probiotikProf Dr Subijanto Marto Sudarmono menjelaskan tentang probiotik

"Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang apabila diberikan dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat bagi kesehatan usus," ujar Prof. Subijanto.

Pria yang tercatat sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) itu memaparkan bahwa mikrobiota usus mempengaruhi kesehatan paru-paru melalui poros usus-paru-paru (Gut-Lung Axis).

Mikrobiota usus memodulasi sistem imun usus sehingga terjadi homeostasis (keseimbangan), tidak terjadi respon imun over-reaktif dan respon imun under-reaktif. Selanjutnya sistem imun mukosa usus ini akan memperbaiki semua sistem imun mukosa organ tubuh lainnya termasuk paru-paru.

Karena itu saat Covid-19 menempel pada paru-paru, maka terjadi komplikasi klinik yang buruk seperti pneumonia sampai ARDS (Acute Respiratory Distress Syndrome) pada pasien yang memiliki masalah pada sistem imun.

Presiden Direktur PT AMA, Ge Recta GesonPresiden Direktur PT AMA, Ge Recta Geson

"Mikrobiota usus memodulasi sistem imun sehingga mencegah kerusakan paru-paru akibat gangguan yang disebabkan menempelnya Covid-19 pada paru-paru," paparnya.

Dalam pemberian probiotik pada pasien Covid-19 ini, RSUD Ibnu Sina disuport PT Argo Mitra Alimentare (AMA) selaku produsen minuman probiotik Pro EM-1 yang berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh.

"Tak hanya bermanfaat untuk menangkal Covid-19. Namun Pro EM-1 juga bagus untuk sistem pencernaan sehingga memperlancar proses buang air besar," tambah Presiden Direktur PT AMA, Ge Recta Geson.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif