Kota Madiun Zona Hijau Covid-19, Protokol Kesehatan Justru Diperketat

jatimnow.com - Kota Madiun menjadi daerah pertama yang menjadi zona hijau Covid-19 di Jawa Timur. Meski begitu, protokol kesehatan untuk semua aktivitas masyarakat di kota ini tetap diperketat.

Wali Kota Madiun, Maidi menjelaskan, berubahnya status dari zona kuning ke zona hijau bukan berarti masyarakat bisa melakukan aktivitas tanpa protokol kesehatan.

"Zona hijau bukan lalu bebas seenaknya, kemudian menjadi tidak terkendali. Justru sebaliknya kami perketat untuk mempertahankan," terang Maidi, Minggu (21/6/2020).

Meski begitu, lanjut Maidi, semua aktivitas yang mendatangkan keramaian akan diizinkan, tetapi ada syarat dan aturan yang wajib dipatuhi.

Baca juga:  Kota Madiun Jadi Zona Hijau Covid-19 Pertama di Jatim

"Tetap dari awal kami bilang protokol kesehatan harus dijalankan. Karena kita tidak tahu Covid-19 ini kapan berakhir," tegasnya.

Maidi menyebut, Pemkot Madiun akan melakukan sosialisasi perihal zona hijau tersebut. Sehingga meski aktivitas kembali normal, tapi masyarakat harus tetap menjaga jarak, pakai masker dan menghindari kerumunan.

"Mereka yang masuk ke mall dari zona merah tetap diperiksa suhu tubuhnya," tandanya.

Status zona hijau untuk Kota Madiun itu menjadi yang pertama di Jatim. Perubahan status itu diumumkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sesuai 15 indikator epidemiologis.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa hal itu menjadi kabar gembira bagi warga Kota Madiun dan juga Jatim. Dengan ditetapkan sebagai zona hijau, Kota Madiun bisa dikatakan sebagai daerah yang berhasil mengontrol penyebaran Covid-19.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top