jatimnow alexametrics

Pandemi Covid-19 Tak Kunjung Berakhir, Khofifah Ingat Lagu ini

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Jajeli Rois
Penandatanganan komitmen bersama di Grahadi
Penandatanganan komitmen bersama di Grahadi

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sempat menyanyikan dan mengartikan beberapa syair lagu Heal The World yang dinyanyikan Michael Jackson.

Lagu tersebut dinilai pas dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang terjadi di 216 negara.

Itu disampaikan Gubernur Khofifah di acara Penandatangan Komitmen Bersama Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Kamis (11/6/2020).

Acara tersebut dihadiri Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, Pangko Armada II Laksda TNI Heru Kusmanto, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad, Sekdaprov Heru Tjahjono serta pejabat TNI-Polri tingkat Jatim.

Hadir juga kepala daerah yang tergabung dalam Surabaya Raya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Kapolrestabes Kombes Pol Jhonny Edison Isir dan jajaran TNI lainnya.

Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, beserta Kapolresta Kombes Pol Sumardji, Dandim Letkol Inf Mohamad Iswan Nusi. Bupati Gresik Sambari Halim Radianto beserta Kapolres Gresik, Dandim Gresik hingga Ketua DPRD Kabupaten Gresik.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Sedikit out of context, tahun 2006 saya diundang sebagai salah satu observer (pengamat) dari 9 negara. Tempatnya di Porto Alegre, Brazil di acara forum tujuh tahunan sidang raya gereja se dunia," kata Khofifah Indar Parawansa.

"Saya memang pecinta bola. Porto Alegre adalah kota kelahirannya Ronaldo dan Ronaldinho. Jadi meskipun perjalanannya lumayan jauh saya tertarik untuk ke sana," ujarnya.

Gubernur Khofifah menceritakan pengalamannya menghadiri forum tersebut. Katanya, di dalam forum itu sambil menunggu acara dimulai sering dikumandangkan lagunya Michael Jackson berjudul 'Heal the World'.

"Lagunya Jacko yaitu Heal the World, menyembuhkan dunia. Kok rasasanya lagu itu sekarang tepat ya, karena 216 negara terpapar Covid-19. Tahun 2006 saya mengenal lagu itu. Saya ingin mengukil salah satu syairnya. Rasanya hari ini ada kesesuaian," kenangnya.

Khofifah sempat menyanyikan beberapa bait syair lagu Jacko ini.

"Saya juga nangis kalau nanyi lagu ini," ujarnya.

"Rasanya itu menjadi komitmen kita bersama. Ada warga yang meninggal, mari kita membangun kehidupan yang lebih baik bagi kita semua, bagi anda dan bagi kami. Bagi kamu dan bagi saya," terangnya.

"Inilah sebetulnya yang kita bangun melalui ikhtiar berbagai cara yang kita lakukan, sinergitas, koordinasi dan seterusnya," tambahnya.

Gubernur menyampaikan ada Perwali Surabaya Nomor 28 tahun 2020 tentang pedoman tatanan normal baru pada kondisi Pandemi Covid-19.

Ada Peraturan Bupati Nomor 44 tahun 2020 tentang Pelaksanaan pola hidup masyarakat pada masa transisi menuju masyarakat yang sehat disiplin dan produktif di tengah Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo.

Ada Peraturan Bupati Gresik Nomor 22 Tahun 2020 tentang pedoman masa transisi menuju tatanan normal baru pada kondisi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gresik

"Ada dua peraturan bupati dan satu peraturan wali kota ini akan menjadi panduan pedoman referensi bagaimana sesungguhnya tatanan normal yang baru itu akan disiapkan dengan berbagai protokol-protokol yang tadi sudah disampaikan baik oleh Wali Kota Surabaya, oleh Bupati Gresik maupun oleh Plt Bupati Sidoarjo," terangnya.

"Mohon berikutnya karena ini bagian dari komitmen kita bersama untuk membangun kehidupan yang baik. Kita tidak akan melakukan sesuatu yang akhirnya kemudian berdampak pada layanan yang kurang maksimal. Proses penyembuhan ini menjadi komitmen kita bersama," jelasnya.

Dalam acara tersebut, tiga kepala daerah di Surabaya ini membubuhkan tanda tangan di komitmen bersama. Disaksikan Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, Pangkoarmada II, Wakil Ketua DPRD Jatim dan pejabat forum pimpinan daerah Provinsi Jatim, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo.

 

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE