jatimnow alexametrics

Penampakan Mobil Satgas Saber Pungli Covid-19 di Surabaya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito Zain Ahmad
Penampakan mobil Satgas Saber Pungli Kemenko Polhukam di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya (Foto: jatimnow.com)
Penampakan mobil Satgas Saber Pungli Kemenko Polhukam di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya (Foto: jatimnow.com)

jatimnow.com - Satuan Tugas Sapu Bersih Pengutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) terus memelototi bantuan sosial bagi keluarga penerima manfaat akibat pandemi Covid-19.

Terpantau jatimnow.com, mobil berwarna putih bertuliskan 'Satuan Tugas Saber Pungli Kemenkopolhukam' melintas di Tol Waru hingga Jalan Panglima Sudirman, Surabaya, Senin (1/6/2020). Mobil itu berpelat hitam dengan nomor polisi B (Jakarta).

Dikutip dari situs Kemenko Polhukam RI, Satgas Saber Pungli itu dibentuk untuk memastikan dan mengawasi penggunaan program bantuan sosial dana desa dari pemerintah untuk penanganan Covid-19, apakah berjalan sesuai sistem dan tidak diselewengkan.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Hal itu disampaikan Menko Polhukam Moh. Mahfud MD saat rapat Saber Pungli secara virtual di Jakarta, Selasa (21/4/2020).

"Bila ada penyelewengan, silakan mengadu ke Satgas Saber Pungli untuk ditindaklanjuti," ujar Mahfud MD yang juga selaku pengendali dan penanggungjawab satgas saat itu.

Mahfud MD meminta jika masyarakat menemukan pungutan liar di kementerian, pemerintah daerah atau lembaga, jangan segan-segan untuk mengadukannya.

Dalam struktur Satgas Saber Pungli itu, terdapat akademisi dan pegiat antikorupsi di jajaran kelompok ahli. Yaitu mantan Ketua Komisi Yudisial dan Dosen UII Suparman Marzuki (Ketua), Rhenald Kasali (UI), Imam Prasojo (UI), Zainal Arifin Mochtar (UGM) dan Feri Amsyari (Direktur Pusako Universitas Andalas).

'Darah segar' tersebut diharapkan oleh Menkopolhukam bisa saling bersinergi untuk meningkatkan lagi kiprah satgas dalam memberantas pungutan liar.

Saat itu pula, Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Komjen Pol Moechgiyarto menyatakan bakal segera menindaklanjuti arahan Menkopolhukam. Antara lain dengan menyempurnakan struktur organisasi hingga ke daerah.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif