Alat Tes Swab Buatan Korea Selatan Tiba di Kota Probolinggo

jatimnow.com - Mempercepat penanganan Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo mendatangkan alat uji tes swab Virus Corona. Alat ini didatangkan dari Negara Korea Selatan (Korsel)

"Jadi kami tidak lagi menunggu lama untuk melihat hasil swab Corona. Karena rumah sakit ini sudah memliki alat swab sendiri," kata Plt Direktur RSUD dr Mohammad Saleh Kota Probolinggo, dr Abrar Al Kuddah, Rabu (20/5/2020).

Menurutnya, alat ini mampu melayani pasien untuk uji swab hingga 250 orang per hari.

"Dalam 45 menit hasil swab bisa kita ketahui. Tidak lagi menunggu sampai berhari-hari," jelasnya.

Untuk akurasi hasil swab, melalui alat ini dipastikan hasilnya mencapai 99 persen.

"Alat ini banyak digunakan oleh laboratorium yang lain dalam pengujian swab corona. Alat ini buatan atau ciptaan dari negara Korea Selatan," terangnya.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin mengatakan alat swab yang telah didatangkan di rumah sakit ini digunakan untuk mempercepat hasil guna mempercepat penanganan Covid-19.

"Sehingga penanganan Corona di Kota Probolinggo bisa lebih cepat, tidak lagi menunggu berhari-hari. Sebelum memiliki alat swab sendiri, kami melakukan uji swab ke Unair Surabaya dan membutuhkan waktu 3-4 hari lamanya," ungkapnya.

Ia menjelaskan, selain untuk melakukan uji swab bagi warga di Kota Probolinggo nantinya alat ini juga dapat dipakai oleh daerah lain yang membutuhkan.

"Kami juga akan melayani uji swab untuk daerah di luar Kota Probolinggo yang membutuhkan," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top