jatimnow alexametrics

Ramadan Tiba, Pedagang Ikan Asap Dadakan Bermunculan di Probolinggo

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mahfud Hidayatullah
Salah satu pedagang ikan asap di Probolinggo
Salah satu pedagang ikan asap di Probolinggo

jatimnow.com - Sejumlah pedagang ikan asap dadakan bermunculan di Probolinggo saat bulan ramadan seperti sekarang. Para pedagang itu bisa dijumpai di sejumlah titik jalan raya di Probolinggo saat sore hari.

Salah satu pedagang ikan asap dadakan di Jalan Raya Sukapura, Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo adalah Sriati (45). Dia berjualan ikan asap karena saat ramadan tiba, bisnis ini cukup menjanjikan.

"Peminat ikan asap saat bulan ramdan meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya," ungkap Sriati, Minggu (26/4/2020).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Sriati mengaku, sebelum berjualan ikan asap dia berprofesi sebagai pedagang keliling ikan dan sayuran siap saji. Saat bulan ramadan tiba, ia beralih menjadi pedagang ikan asap karena keuntungannya lebih menjanjikan.

Dalam sehari, Sri mengaku bisa menjual 15-20 kilogram ikan asap. Satu biji ikan asap dijual dengan harga beragam mulai dari harga Rp 8 hingga 15 ribu. Sri bahkan bisa memperoleh omzet Rp 1-15 juta sehari.

"Alhamdulillah mas keuntungan dari jual ikan asap ini buat kebutuhan ekonomi keluarga sepanjang bulan puasa dan lebaran Idul Fitri nanti," ujarnya.

Sementara itu, Rusmiati pedagang ikan asap di Jalan Raya Pantura Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo mengaku, lapak di pinggir jalan raya dipilih lantaran lokasinya yang strategis.

"Karena yang membeli ikan asap tidak hanya warga sekitar, tetapi para peminat ikan asap dari luar kota yang berhenti dan membeli saat melintas di jalur ini," jelasnya.

Heri Sugiono salah satu pencinta ikan asap mengaku, ikan asap memang banyak memikat warga untuk bisa membelinya. Selain memiliki protein tinggi, ikan laut yang sudah diasap itu juga memiliki aroma yang khas, lezat dan nikmat.

"Jadi menu buka puasa sangat pas jika tersedia ikan asap di rumah," ungkapnya.

Tak hanya di dua lokasi itu ikan asap bisa dijumpai. Namun dari pantauan di lapangan, di sejumlah jalan raya desa dan kecamatan di Probolinggo, pedagang ikan asap juga bisa dijumpai.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif