jatimnow alexametrics

Budayawan Majapahit Gelar Larung Sesaji untuk Usir Virus Corona

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Achmad Supriyadi
Larung sesaji untuk usir Virus Corona di Sungai Brantas Mojokerto
Larung sesaji untuk usir Virus Corona di Sungai Brantas Mojokerto

jatimnow.com - Sejumlah budayawan Majapahit menggelar larung sesaji dan doa lintas agama untuk mengusir pandemi Virus Corona (Covid-19) di Taman Brantas Indah, Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jumat (24/4/2020).

Pembina Pemangku Adat Budaya Nusantara Ki Purbo Diningrat mengatakan, sesaji yang dilarung ada empat perkara yaitu dari elemen air, api, udara dan tanah.

"Mengapa ada sesaji? Saat ini alam sedang bergejolak karena Corona kita kembalikan lagi lewat paweton alam juga. Sesaji seperti dupa, kembang, kepala kambing dan sapi dilarung di Sungai Brantas," ujar Ki Purbo Diningrat usai larung sesaji.

Larung sesaji untuk usir Virus Corona di Sungai Brantas MojokertoLarung sesaji untuk usir Virus Corona di Sungai Brantas Mojokerto

Sesaji seperti dupa, kembang, kepala kambing dan kepala sapi dilarung di Sungai Brantas bertujuan untuk menetralisir alam.

"Larung sesaji dan doa bersama ini bertujuan untuk menetralisir alam dari wabah Corona yang sedang berkembang di alam ini," ungkapnya.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

"Mudah-mudahan dengan ritual era Majapahit ini bisa dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa dan alam juga merestui dan wabah ini bisa segera sirna dari muka Bumi Nusantara," harapnya.

Larung sesaji untuk usir Virus Corona di Sungai Brantas MojokertoLarung sesaji untuk usir Virus Corona di Sungai Brantas Mojokerto

Ian Kurnianto (40) salah satu budayawan menyebut alasan larung sesaji dan doa lintas agama ini digelar di Sungai Brantas agar Virus Corona bisa diberantas oleh Allah SWT.

"Kami gelar di sini (Sungai Brantas) bukan di laut agar bisa memberantas wabah Corona ini atas izin Allah SWT dari negara Indonesia ini," pungkasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif