jatimnow alexametrics

Wabah Virus Corona

Penerapan PSBB di Surabaya Masih Tunggu Peraturan Gubernur

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
Penerapan kawasan tertib physical distancing di Jalan Raya Darmo, Surabaya beberapa waktu lalu (Foto: Instagram Dishub Surabaya)
Penerapan kawasan tertib physical distancing di Jalan Raya Darmo, Surabaya beberapa waktu lalu (Foto: Instagram Dishub Surabaya)

jatimnow.com - Pengajuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik, telah disetujui Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, per 21 April 2020. Kapan PSBB mulai diterapkan di Surabaya?

Koordinator Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M Fikser menegaskan bahwa untuk waktu penerapan PSBB, pemerintah kota akan mengikuti Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Timur.

"Kita tidak bisa jalan sendiri, semua harus sama-sama. Jadi kita ikuti Pergub-nya," jawab Fikser saat dihubungi jatimnow.com, Selasa (21/4/2020).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Baca juga:  PSBB untuk Surabaya, Sidoarjo dan Gresik Disetujui

Lantas bila PSBB sudah diterapkan di Kota Surabaya, apa saja larangan yang disiapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya dan pemkot? Fikser kembali menjawab hal itu juga akan tetap mengikuti Pergub.

"Itu tadi. Kita tidak bisa menentukan. Semua harus sama-sama. Kan ada Pergub. Jadi kita ikuti aturan Pergub, gimana nanti baiknya," jelasnya.

PSBB untuk tiga daerah di Jatim itu diajukan menyusul penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang terus meningkat.

Setelah dilakukan kajian oleh Tim Teknis Kemenkes, usulan PSBB untuk Surabaya, Sidoarjo dan Gresik akhirnya disetujui. Prosesnya yaitu kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi serta aspek lainnya.

Keputusan tersebut telah ditetapkan Menkes tanggal 21 April 2020 melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/264/2020. PSBB ditetapkan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif