jatimnow alexametrics

Polisi Amankan Pembuat Hoaks Peta Sebaran Covid-19 di Situbondo

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Hafiluddin Ahmad
Pembuat hoaks flyer peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo (wajah diblur)
Pembuat hoaks flyer peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo (wajah diblur)

jatimnow.com - Seorang pemuda yang membuat flyer berisi informasi berita bohong atau hoaks tentang peta sebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Situbondo, ditangkap polisi. Dalam flyer itu, pelaku mencantumkan logo pemkab.

Kapolres Situbondo AKBP Sugandi mengatakan, flyer atau selebaran yang berisi peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo itu dipastikan hoaks alias tidak benar. Fliyer itu bahkan sudah diposting pelaku ke media sosial.

"Setelah dilakukan penelusuran berhasil ditemukan pembuat dan pengunggahnya. Kemudian diamankan karena berita tersebut sudah tersebar sampai keluar wilayah Situbondo," kata Sugandi, Senin (20/4/2020).

"Kemudian tim siber patrol berkoordinasi dengan kepala desa untuk membawa pelaku ke Polres Situbondo. Untuk penanganan akan berkoordinasi dengan pemkab bersama Dinas Kominfo," tambahnya.

Hoaks flyer peta sebaran Covid-19 SitubondoHoaks flyer peta sebaran Covid-19 Situbondo

Selanjutnya, pelaku akan menjalani pemeriksaan untuk mengetahui motifnya. Sebab konten yang dibuat merupakan format resmi Pemkab Situbondo yang diubah isinya. Apalagi flyer itu juga menggunakan logo pemkab.

"Terima kasih kepada masyarakat atas infromasi yang diberikan kepada Polri. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial karena ada konsekuensi hukum apabila melanggar, yaitu UU ITE," paparnya.

Sementara itu, Wabup Situbondo Yoyok Mulyadi mengaku menyerahkan seluruh proses hukum kepada kepolisian. Namun karena pelaku masih anggota Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dibawah naungan Dinas Kominfo, diharapkan masih bisa dilakukan pembinaan.

"Karena tugas KIM adalah penyampai informasi kepada masyarakat. Sebagai penghubung informasi sampai ke pelosok desa," ujar Wabup Yoyok.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif