jatimnow alexametrics

RSU 'Aisyiyah Ponorogo Ditunjuk Jadi RS Rujukan Pasien Covid-19

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
RSU 'Aisyiyah Jalan dr. Soetomo Ponorogo ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan kedua untuk pasien Virus Corona atau Covid-19 (Foto: Istimewa)
RSU 'Aisyiyah Jalan dr. Soetomo Ponorogo ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan kedua untuk pasien Virus Corona atau Covid-19 (Foto: Istimewa)

jatimnow.com - Rumah Sakit Umum (RSU) 'Aisyiyah Jalan dr. Soetomo Ponorogo resmi ditunjuk menjadi rumah sakit (RS) rujukan kedua untuk pasien Virus Corona atau Covid-19 setelah Rumah Sakit Umum (RSUD) dr Harjono.

"Ini sesuai petunjuk Ibu Gubernur untuk menambah satu lagi rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Jadi saat ini ada dua rumah sakit di Ponorogo," ujar Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Jumat (17/4/2020).

Namun menurutnya, RSUD dr Harjono masih menjadi tempat utama perawatan para pasien Corona. Dan hingga hari ini, masih ada lima pasien positif yang dirawat.

"Kalau RSUD dr Harjono penuh baru kami alihkan ke 'Aisyiyah," ungkap Bupati Ipong.

Bupati Ipong menyebut bahwa RSUD dr Harjono telah menyiapkan 35 tempat tidur (bed) bagi pasien Corona. Selain pasien yang terkonfirmasi positif, sebagian ada pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

Sedangkan di RSU 'Aisyiyah, lanjut Bupati Ipong, ada tujuh tempat tidur. Data itu belum termasuk empat rumah sakit swasta lainnya yang juga menyatakan kesiapan membantu jika diperlukan. Antara lain RSU Muhammadiyah, RSU Darmayu, RSU Muslimat dan RSU Griya Waluyo, masing-masing tiga tempat tidur.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Kendati sudah ada dua rumah sakit rujukan dan empat rumah sakit lain yang siap mendukung, Bupati Ipong berharap jumlah pasien tidak bertambah.

"Total ada 54 tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 yang siap digunakan di Ponorogo. Tapi mudah-mudahan tidak terpakai semua. Artinya semoga tidak ada penambahan pasien," ujarnya.

Hingga hari ini, di Ponorogo tercatat ada lima pasien positif Covid-19, 23 PDP dan 352 ODP. Sebagian PDP dan ODP melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE