jatimnow alexametrics

Wabah Virus Corona

Titik Keramaian di Surabaya Dirazia, Pengunjung Wajib Ikuti Rapid Test

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito Zain Ahmad
Pengunjung di Caffe Rolag, Jalan Khairil Anwar, Surabaya satu per satu menjalani rapid test
Pengunjung di Caffe Rolag, Jalan Khairil Anwar, Surabaya satu per satu menjalani rapid test

jatimnow.com - Penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Surabaya terus meningkat. Hingga 13 April 2020, tercatat 208 terkonfirmasi positifi, 523 pasien dalam pengawasan (PDP) serta 1.398 orang dalam pemantauan (ODP).

Untuk memutus rantai penyebaran dan penularan, personel gabungan dari Polda Jatim, Kodam V Brawijaya, Pemprov Jatim, Polrestabes Surabaya dan Pemkot Surabaya menggelar razia di empat titik keramaian, salah satunya di Caffe Rolag, Jalan Khairil Anwar, Surabaya, sekitar pukul 21.00 Wib, Senin (13/4/2020).

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/hotel-sahid-surabaya-2222-best-wedding-dates.jpg

Puluhan pengunjung di Caffe Rolag kedapatan tidak memakai masker. Mereka juga tidak mempedulikan anjuran sosial dan physical distancing dari pemerintah. Padahal di kafe itu sudah tertulis pemberitahuan bahwa tidak melayani makan di tempat dan hanya melayani pemesanan melalui ojek online.

Para pengunjung Caffe Rolag, Jalan Khairil Anwar, Surabaya mengantre untuk di-rapid testPara pengunjung Caffe Rolag, Jalan Khairil Anwar, Surabaya mengantre untuk di-rapid test

Sejumlah petugas kesehatan yang saat itu menggunakan alat pelindung diri (APD) langsung melakukan rapid test on the spot (tes cepat di lokasi) kepada semua pengunjung. Satu per satu mereka dites hingga hasilnya keluar.

"Langkah patroli berskala besar ini merupakan hasil dari rapat koordinasi kami bersama Bapak Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya, bagaimana melakukan upaya preventif dan promotif pencegahan penyebaran Covid-19 secara masif dan intensif," ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Sebab dalam dua hari terakhir, penambahan kasus positif Covid-19 di Surabaya sangat signifikan. Dalam sehari pada 12 April 2020 pertambahan kasus positif Covid-19 di Surabaya mencapai 83 orang. Lalu 13 April 2020, pertambahan kasus positif Covid-19 di Surabaya mencapai 28 orang.

Pengunjung di Caffe Rolag, Jalan Khairil Anwar, Surabaya satu per satu menjalani rapid testPengunjung di Caffe Rolag, Jalan Khairil Anwar, Surabaya satu per satu menjalani rapid test

"Maka kami bekerjasama dengan TNI-Polri khususnya dalam hal ini Polrestabes Kota Surabaya, bergerak melakukan sosialisasi dan juga upaya penindakan rapid test pada masyarakat yang masih nekat nongkrong atau sekedar keluar rumah bukan alasan yang sangat urgent," tambahnya.

Empat kafe yang menjadi titik sasaran patroli berskala besar tim gabungan itu adalah kafe di Caffe Rolag, Ngagel, Penjaringan Sari dan kawasan Citraland. Caffe Rolag menjadi tempat terbanyak berkumpulnya pengunjung.

"Dari alat yang kami bawa ke sini dan dites semua pada pengunjung, semuanya hasilnya negatif. Jika ada yang positif maka yang lain juga harus mendapatkan perhatian sebagai ODP, makanya sebelum dites semua sudah didata nama dan alamatnya," tambah Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif