jatimnow alexametrics

Wabah Virus Corona

Siswa di Gresik Bisa Baca Buku Perpustakaan Secara Online, Ini Caranya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Sahlul Fahmi
Ilustrasi siswa SD di Gresik membaca buku perpusatakaan
Ilustrasi siswa SD di Gresik membaca buku perpusatakaan

jatimnow.com - Kebijakan pemerintah yang memberlakukan siswa belajar di rumah untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), membuat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpussip) Kabupaten Gresik gencar mensosialisasikan IGresik.

Kepala Dinas Perpussip Gresik Siti Jaiyaroh mengatakan, IGresik merupakan perpustakaan digital yang aplikasinya sudah bisa didownload di Google Playstore.

"Saat ini kami sudah memiliki koleksi 1300 buku elektronik yang kami beli dari berbagai penerbit," ucap Jaiyaroh saat dihubungi jatimnow.com, Kamis (26/3/2020).

Jaiyaroh menambahkan bahwa buku-buku koleksi IGresik ini cukup lengkap mulai dari kategori pelajar SD, SMP, SMA dan masyarakat umum. Semua bisa dibaca secara online.

"Masyarakat bisa meminjam asalkan yang berdomisili di Gresik," ujarnya.

Jaiyaroh menjelaskan, sesudah mengunduh aplikasi IGresik di Google Playstore, pengguna bisa langsung membuka aplikasi dan melakukan login menggunakan email.

"Setelah login, pengguna harus melengkapi profil. Setelah itu muncul Epustaka di mana pengguna bisa join. Dan apabila muncul pesan belum daftar, masukkan email dan pasword akun IGresik," paparnya.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Ia menyebut, jika sudah melakukan langkah di atas, lalu buka email dan klik verifikasi. Jika sudah berhasil bergabung maka pengguna sudah bisa meminjam buku untuk dibaca di smartphone.

"Tak perlu bingung mengembalikan buku. Setelah tiga hari buku secara otomatis akan kembali dengan sendirinya," imbuh Jaiyaroh.

Jaiyaroh juga berpesan kepada masyarakat agar memanfaatkan aplikasi IGresik sebagai salah satu cara agar anak-anak merasa betah di rumah.

"Kalau jenuh di rumah akhirnya anak-anak keluyuran. Dari pada gak jelas di luar rumah, mending baca buku-buku koleksi IGresik," pungkas Jaiyaroh.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif