Tim Kimia Biologi Radioaktif Disiagakan Tangani Virus Corona di Jatim

jatimnow.com - Tim Kimia Biologi Radiokatif (KBR) Gegana Sat Brimob Polda Jatim diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Jumat (20/3/2020). Tim ini langsung disiagakan di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Tim KBR nantinya bertugas dan membackup penuh Pemprov Jatim untuk membantu mengantisipasi Virus Corona (COVID-19).

"Memberikan dukungan terkait dengan tim yang sudah terlatih untuk penanganan yakni Tim KBR (Kimia Biologi Radioaktif)," ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan di halaman Gedung Negara Grahadi.

Penyerahan Tim KBR tersebut diterima Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan Ketua Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Heru Tjhajono.

Menurut Luki, Tim KBR memiliki kemampuan untuk menangani virus. Juga mengantisipasi suspect dan bila ditemukan orang-orang di lapangan yang mungkin teridentifikasi virus.

Tim Kimia Biologi Radioaktif Polda Jatim disiagakan di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, SurabayaTim Kimia Biologi Radioaktif Polda Jatim disiagakan di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya

"Dengan perlengkapan dan peralatan kita BKO-kan full per hari ini kepada teman-teman Gugus Tugas, Kepala BPBD sampai dengan pencabutan," tambah Luki.

Tim KBR ini terdiri dari 16 personel. Selain memiliki kemampuan mengantisipasi penyebaran virus, mereka juga dapat diperbantukan untuk melakukan penyuluhan tentang antisipasi Virus Corona.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Emil Dardak mengucapkan terima kasih kepada Polda Jatim yang memberikan bantuan Tim KBR Gegana Brimob.

"Dengan penyerahan ini, maka tim ini akan berada di bawah komando Gugus Tugas dari Kepala BPBD sekaligus Pak Sekda," kata Wagub Emil.

Tim KBR nantinya akan ditempatkan di titik-titik strategis atau tempat berkumpulnya masyarakat yang membutuhkan personel dan peralatan yang memadai. Tim ini juga bergerak sesuai arahan dari Gugus Tugas.

"Untuk mengantisipasi jumlah yang kemudian memerlukan penanganan khusus," jelas Wagub Emil.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top