Pixel Codejatimnow.com

Untag Surabaya Terapkan Keamanan Sistem Informasi ISO 27001:2013

Editor : Sandhi Nurhartanto  Reporter : Farizal Tito
Sosialisasi penerapan Keamanan Sistem Informasi ISO 27001:2013 di Untag
Sosialisasi penerapan Keamanan Sistem Informasi ISO 27001:2013 di Untag

jatimnow.com - Direktorat Sistem Informasi (DSI) Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya mensosialisasikan penerapan Keamanan Sistem Informasi ISO 27001:2013 di meeting room Untag Surabaya, Sabtu (14/3/2019).

Kondisi keamanan yang akan dievaluasi meliputi 5 (lima) area yaitu: Tata Kelola Keamanan Informasi, Manajemen Risiko Keamanan Informasi, Kerangka Kerja Pengelolaan Keamanan Informasi, Pengelolaan Aset Informasi, Teknologi Keamanan Informasi.

Ketua YPTA Surabaya, Mangapul Silalahi mengatakan proses terlaksananya sosialisai dan penerapan keamanan Sistem Informasi ISO 27001:2013 telah disiapkan dalam pengerjaan sehari-hari.

"Kalau kita bandingkan dari tahun-tahun sebelumnya, perubahan situasi dan lingkungan Untag Surabaya semakin membaik terutama di bidang Teknologi Informasi atau IT. Oleh karena itu, kita patut bersyukur," katanya.

Ia juga mengatakan, DSI YPTA Surabaya sangat inisiatif dalam menyesuaikan perkembangan-perkembangan yang sedang terjadi.

"Saya mewakili pengurus Yayasan berharap sangat besar kepada seluruhnya untuk menggunakan sistem informasi yang sebaik-baiknya. Karena kedepan, persaingan semakin komplek dan semakin berat. Tetapi kalau menghadapi dengan sungguh-sungguh saya yakin kita pasti bisa," ujarnya.

Baca juga:
Selamat! Untag Surabaya Raih Akreditasi Unggul jadi Kado Awal Tahun

Direktur DSI YPTA Surabaya, Supangat menjelaskan selama diberi amanah oleh yayasan untuk mengembangkan baik secara infrastruktur maupun aset di bidang sistem informasi terus melakukan pengembangan-pengembangan.

Tetapi aspek tata kelola, resiko serta standart penggunaan sistem informasi secara rutin perlu adanya penambahan wawasan untuk memperkecil kesalahan.

"ISO 27001:2013 ini berbicara bagaimana penggunaan sistem informasi yang baik, hak akses yang harus digunakan dan lain sebagainya," jelasnya.

Baca juga:
Untag Surabaya Raih Anugerah Instansi Inspiratif Cerdas Berkarakter

Dosen Teknik Informatika itu melanjutkan, bahwa di lingkup kampus se Jatim yang menerapkan ISO 27001:2013 baru Untag Surabaya.

"Harapannya semoga dapat diterapkan di lingkungan unit masing-masing," tutup dia.