Hujan Deras Bikin Lapas Ponorogo Kebanjiran

jatimnow.com - Hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Ponorogo, Kamis (27/2/2020). Salah satu tempat yang terdampak hujan deras adalah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Ponorogo.

"Tadi awalnya setinggi betis, tapi ini sudah mulai surut. Hujannya deras banget dari tadi," kata Kasubsi Pelayanan Tahanan Lapas Klas IIB Ponorogo, Taufiqul Hidayat.

Dia menyebut bahwa air masuk pertama kali pada pukul 17.00 Wib. Awalnya air masuk di halaman lapas, tetapi kemudian masuk ke ruang tahanan.

"Awalnya cuma di halaman, lama-lama masuk ke ruang tahanan. Semua ruang tahanan baik ruang tahanan blok wanita maupun blok laki-laki," ujar Taufiq.

Dia menyebut, air yang masuk ke ruang tahanan kemudian diantisipasi oleh para tahanan maupun warga binaan. Mereka beramai-ramai menyelamatkan kasur yang biasa mereka pakai untuk tidur.

"Termasuk menyelamatkan pakaian juga sandal dan sepatu. Semua ditaruh atas atau tempat yang sekiranya aman. Tapi kalau tidak aman pasti ada langkah penyelamatan dan tentunya tidak membahayakan," jelasnya.

Menurut Taufiq, banjir di Lapas Klas IIB Ponorogo merupakan kedua kalinya, setelah banjir pertama pada 7 Maret 2019 lalu.

"Ini kejadian kedua kalinya. Pertama pada Maret 2019 lalu. Nanti kita benahi lagi untuk salurannya," tambahnya.

Masih kata Taufiq, jika air sudah surut, lapas akan menggelar kerja bakti untuk membersihkan lantai maupun sisa-sia material.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top