Kemenpan-RB Apresiasi Pelayanan Publik Polres Trenggalek

jatimnow.com - Polres Trenggalek menerima kunjungan Tim Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Rombongan terdiri dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa bersama Karo Rena Polda Jatim, Kombes Pol Ahmad Yani disambut alunan musik gamelan dan karawitan dari pelajar SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek dan grup hadrah Polwan.

Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak menjelaskan kunjungan Tim Kemenpan RB ini merupakan tindak lanjut dari peningkatan pelayanan prima di semua lini instansi pemerintah.

Salah satunya adalah pelayanan kepolisian yakni SPKT, SIM dan SKCK.

"Kita sudah lakukan upaya perbaikan dan penyempurnaan pelayanan publik dengan melengkapi fasilitas yang representatif seperti ruang tunggu yang nyaman, ruang ibu menyusui, ruang ramah anak, hingga fasilitas bagi saudara kita penyandang difabel sehingga setiap masyarakat yang datang ke Mapolres merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan," ujarnya, Selasa (25/2/2020).

Polres Trenggalek sendiri telah meraih zona integritas dengan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Bahkan beberapa waktu yang lalu juga menerima penghargaan pelayanan publik kategori baik tingkat nasional.

Perbaikan sarana prasarana penunjang dan peningkatan kualitas layanan publik ini merupakan progres menuju predikat Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM).

Calvijn memaparkan beberapa inovasi kreatif yang telah diluncurkan oleh Polres Trenggalek diantaranya Firs In First Out (FIFO), Motivator ujian praktek SIM, ATM Beras, revitalisasi ruang pelayanan, Museum Roestamadji, Rembug Desa.

Diskusi guru, SKCK Online Keliling, Patroli Gentong, Patroli Sambang Duka, Program SERU, Bedah Rumah, Solar Cell, Pembentukan Tim Reaksi Cepat Jalu Crime Squad (JCS) hingga penguatan sinergitas dengan instansi samping.

Tim Kemenpan RB juga meninjau secara langsung proses pelayanan Kepolisian baik SPKT, SIM maupun SKCK. Hampir keseluruhan aspek tidak luput dari pemeriksaan. Mulai dari petugas, mekanisme pelayanan hingga penggunaan fasilitas penunjang lainnya.

Menariknya, mereka sempat terkesan dengan mobil SKCK online keliling yang turut dipamerkan, bahkan menyempatkan diri berswafoto didepan kendaraan yang memang dimodifikasi khusus untuk pelayanan publik tersebut.

"Kita patut bersyukur, hasil pengecekan dan pemeriksaan Tim Kemenpan RB dan Rorena Polda Jatim hari ini menyatakan sudah bagus dan sudah menjadi tekat kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Ini kami persembahkan untuk masyarakat Kabupaten Trenggalek," ujarnya.

Deputi Bidang Pelayanan Publik, Diah Natalisa memberikan apresisasi kepada jajaran Polres Trenggalek yang telah banyak berbuat untuk memberikan pelayanan terbaik baik masyarakat.

Pihaknya melihat banyak hal yang sangat menyentuh. Hal yang sangat mendasar bagaimana Polri yang humanis dan dekat dengan masyarakat untuk menjaga kamtibmas.

Pihaknya menegaskan bahwa ada dua pelayanan yang menjadi fokus pengecekan yakni pelayanan pada Satlantas dan Satintelkam.

Dari hasil pengecekan, pihaknya menemukan infrastruktur yang baik, suasana yang nyaman, bersih dan memberikan kemudahan kepada masyarakat sampai hal-hal yang kecil serta memperhatikan kebutuhan masyarakat seperti, ibu menyususi, lansia dan berkebutuhan khusus atau difabel.

"Kami mengapresiasi yang sudah bagus dan memberikan motivasi, saran yang dapat ditindaklanjuti," terangnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top