Cerita Nelayan Banyuwangi Selamatkan Penyu dari Jeratan Karung Plastik

jatimnow.com - Seekor penyu ditemukan terperangkap karung plastik di perairan Selat Bali, Rabu (12/2/2020). Beruntung penyu itu berhasil diselamatkan kelompok nelayan Wisata Bangsring Under Water (Bunder), Banyuwangi.

Saat diselamatkan, penyu berdiameter sekitar 60 sentimeter itu tampak kelelahan. Diduga penyu itu telah terjerat karung plastik dan terombang-ambing cukup lama di Perairan Laut Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Penyu yang berhasil diselamatkan jadi tontonan anak-anakPenyu yang berhasil diselamatkan jadi tontonan anak-anak

"Kebetulan beberapa anggota nelayan kita melihat penyu itu dan dilepaskan dari karung plastik. Setelah kita lepas kita bawa ke karantina ikan di rumah apung," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Samudera Bakti, Ikhwan Arief.

Saat diangkut, kondisi penyu tersebut masih lemah. Diduga penyu telah lama terperangkap hingga kelelahan untuk melepaskan diri dari karung plastik.

"Setelah kita periksa ternyata kaki belakang sebelah kanan tidak ada," ujar Ikhwan.

Melihat kondisi tersebut, Ikhwan memutuskan untuk mengarantina penyu tersebut. Kemudian setelah diobati dan lukanya pulih, penyu itu akan dilepasliarkan.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top