Kondisi Warga Kediri yang Diisolasi di RSUD Tulungagung Membaik

jatimnow.com - Kondisi YM (52), warga asal Kabupaten Kediri yang diisolasi di RSUD Dr Iskak Tulungagung berangsur membaik. Ia diisolasi karena mengalami demam tinggi sepulang dari Korea Selatan.

Ahli Mikrobiologi RSUD Dr Iskak Tulungagung Dr Reynaldi Bramanti menjelaskan, setelah diisolasi sejak Sabtu (8/2/2020), suhu tubuh YM saat ini relatif stabil. Rasa sakit pada bagian tenggorokan YM juga sudah tidak dirasakan lagi.

Meski begitu, pasien tetap ditempatkan di ruang isolasi karena mempunyai riwayat perjalanan usai berkunjung ke Korea Selatan.

Baca juga:  Pulang dari Korea Selatan, Warga Kediri Diisolasi di RSUD Tulungagung

"Ini sesuai dengan prosedur penanganan yang berlaku. Jika tidak mempunyai riwayat perjalanan dari luar negeri, pasien tidak kami tempatkan di ruang isolasi," ujar Reynaldi, Rabu (12/2/2020).

Tim medis juga sudah melakukan pengambilan sampel swap untuk dikirim ke Laboratorium Kementerian Kesehatan di Jakarta. Sampel yang diambil di antaranya swap tenggorokan, swap hidung dan bagian mulut. Hasil uji laboratorium ini baru keluar lima hari lagi.

"Jika hasilnya pasien dinyatakan negatif corona, akan langsung keluar dari ruang isolasi. Namun jika positif akan kita teruskan perawatannya," jelasnya.

Pasien ini diketahui pulang dari Korea Selatan pada 6 Februari 2020. Di negara tersebut pasien mengunjungi cucunya dan menetap selama satu bulan. Setelah pulang pasien mengalami demam tinggi dan sempat dirawat di sebuah rumah sakit swasta. Pasien kemudian dirujuk ke Tulungagung setelah suhu tubuhnya tidak juga menurun.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top