Mengenal Wabah Virus Corona dan Upaya Penanggulangan

jatimnow.com - Virus mematikan corona yang terdeteksi pertama kali di Wuhan China telah mengakibatkan kurang lebih 50 korban jiwa dan ribuan orang terinfeksi kurang dari 3 minggu ini.

Berbagai organisasi kesehatan dunia berusaha untuk berkoordinasi mengenai response tepat dan cepat untuk mencegah penyakit ini menyebar secara luas di ke negara-negara lainnya dan mencegah agar tidak menjadi seperti outbreak kasus SARS yang terjadi di tahun 2002.

Sampai saat ini diperkirakan sudah mencapai 1200 kasus positif coronavirus dan angka kematian mencapai 50 jiwa. Kebanyakan adalah orang yang baru-baru ini mendatangi Kota Wuhan di China.

Asal muasal penyakit ini berasal dari kota Wuhan di China yang memiliki populasi 11 juta penduduk di pusat dari China Provinsi Hubei.

Kebanyakan kasus dideteksi pertama kali berasal dari pasar basah daging huanan seafood, sumber utama penularan diduga dari hewan hewan liar yang diperjual belikan dagingnya di pasar itu.

Gejala utama dari penyakit ini sama seperti penyakit SARS. Yaitu gejala flu mulai dari batuk, pilek, demam tinggi dan disertai dengan sesak nafas atau kesulitan bernafas.

Virus ini menyerang saluran pernafasan bawah terutama merusak jaringan paru paru dan menyebabkan pertukaran oksigen terhambat dan menyebabkan rasa sesak yang cukup hebat.

Selain itu dapat menyebabkan kematian apalagi jika menyerang orang dengan imunitas lemah seperti kelompok umur lansia dan anak.

Penularan penyakit ini awalnya dari hewan ke manusia, namun pemerintah China telah mengumumkan secara resmi bahwa penularannya bisa dari manusia ke manusia.

Dimana penularan jenis ini akan sangat beresiko sekali untuk menjadi penularan skala global jika kita terlambat dalam melakukan penanganan pencegahan awal dengan tepat.

Di jaman dengan kemudahan transportasi dan dengan meningkatnya jumlah kepadatan penduduk maka transmisi penyakit ini akan jauh lebih cepat.

Untuk pencegahan dari diri kita sendiri ada beberapa hal yang bisa kita lakukan :

1. Hindari keramaian.
2. Jangan dekati orang yang memiliki riwayat kontak dengan area Wuhan China.
3. Gunakan masker.
4. Cuci tangan dengan air dan sabun.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top