Cara agar Tetap Sehat di Musim Penghujan

jatimnow.com - Awal Tahun 2020 ini kita disambut dengan hujan yang cukup ekstrem. Cuaca panas disertai hujan lebat setelahnya menjadikan suatu tantangan tersendiri bagi daya tahan tubuh kita.

Oleh sebab itu, butuh usaha lebih untuk bisa tetap sehat di saat musim hujan, seperti berikut:

1. Jangan sampai kehujanan

Pakaian yang basah cepat menyebabkan turunnya suhu tubuh, selain membuat anda kedinginan juga dapat menurunkan efektivitasan enzim dalam tubuh yang berperan untuk menjaga daya tahan. Usahakan pakaian tetap kering, sedia payung dan berteduhlah ketika hujan.

2. Jaga asupan nutrisi

Tubuh kita membutuhkan lebih banyak energi ketika berhadapan dengan suhu yang fluktuatif. Ketika cuaca panas tubuh kita memakai energi untuk membuang panas berlebih dari badan. Ketika cuaca dingin tubuh kita berusaha membuat panas dengan energi itu. Kondisi hujan juga mengakibatkan stress yang dapat menurunkan daya tahan dan memudahkan penyakit berkembang lebih mudah. Jadi pastikan nutrisi dan kalori selama musim huja tercukupi dengan baik. Makan yang cukup, teratur, jangan terlambat, dan bergizi. Buah buahan dengan vitamin C seperti jeruk, apel, anggur juga bisa menjaga daya tahan tubuh.

3. Hindari jajan sembarangan

Ketika musim hujan, banyak sekali sumber air yang tercemar. Apalagi ketika disertai banjir. Serangga lebih mudah berkembang biak seperti lalat, yang mengakibatkan banyak makanan/jajanan yang tidak terjamin kualitasnya lebih mudah tercemar bibit penyakit. Pastikan juga air yang kita minum berasal dari sumber air yang terjamin mutunya.

5. Hati-hati dengan nyamuk

Cuaca ekstrim terbukti meningkatkan populasi nyamuk, apalagi negara kita sangat rentan untuk terjadi wabah penyakit akibat nyamuk seperti demam berdarah. Selalu gunakan repellant seperti lotion anti nyamuk, pakaian panjang dan tertutup, dan kelambu kasur agar kita terhindar dari nyamuk yang membawa virus dengue (dbd).

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top