Ini Alat Bukti Peretasan UNBK SMP di Surabaya yang Diteliti Polisi

jatimnow.com - Polrestabes Surabaya membeberkan alat bukti yang disita pada kasus peretasan UNBK (ujian nasional berbasis komputer) salah satu SMP di Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan menyebut, penyidik Unit Tipidek Satreskrim Polrestabes Surabaya telah menyita HP, CPU serta monitor komputer yang diduga dipakai untuk melakukan kecurangan UNBK sebagai barang bukti.

Barang bukti itu saat ini tengah diteliti. Bahkan Rudi menyebut, barang bukti itu akan diuji digital forensik.

"Penyitaan itu dilakukan dari sekolah terkait," kata Rudi, Jumat (27/4/2018).

Baca juga: UNBK SMP di Surabaya Diretas, Wali Kota Risma Lapor Kapolres

Selain itu, penyidik juga sudah meminta keterangan 4 orang saksi. Keempat saksi yang dimintai keterangan, semuanya dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

"Saksi-saksi dari sekolah, belum kami ambil keterangannya. Tapi kami jadwalkan berikutnya," tegasnya.

Meski sudah menyita sejumlah barang bukti dan memeriksa saksi-saksi, Rudi mengaku, pihaknya tidak akan buru-buru. Sebab tahapan penyelidikan dan penyidikan masih terus berlangsung.

"Kami masih bekerja, ditunggu saja setiap perkembangannya," sambung Rudi.

Baca juga: Selidiki Peretasan UNBK SMP di Surabaya, Polisi Periksa 4 Saksi

Dugaan kecurangan UNBK di salah satu SMP Negeri di Surabaya beberapa waktu lalu, ditemukan oleh Dinas Pendidikan. Walikota Surabaya, Tri Rismaharini langsung merespon dengan melapor kepada Polrestabes Surabaya.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top