Kokoh di Puncak, Liverpool Unggul 11 Angka Atas Manchester City

jatimnow.com - Dua gol dari Virgil Van Dijk mengantarkan Liverpool membungkam Brighton and Hove Albion, 2-1, pada pekan ke-14 Liga Primer Inggris, Sabtu (31/11/2019) malam.

Tambahan tiga angka dari laga yang digelar di Stadion Anfield itu membawa The Reds makin kokoh di puncak klasemen sementara, dengan keunggulan 11 poin.

Menghadapi Brighton, Liverpool turun dengan kekuatan terbaik mereka. Trio Mohammed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane, mengisi lini depan The Reds.

Sedangkan, Virgil Van Dijk dan Dejan Lovren kembali menempati jantung pertahanan, diapit dua bek sayap, Andy Robertson dan Trent Alexander-Arnold.

Laga baru berjalan 18 menit, tuan rumah pun sudah mampu unggul lewat sundulan dari Van Dijk. Bek tengah asal Belanda itu sukses menanduk bola hasil tendangan bebas, yang dilepaskan Alexander-Arnold dari sisi kiri pertahanan the Seagulls. Dengan skema yang hampir serupa. The Reds berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-24.

Namun, kali ini, Alexander-Arnold melepaskan umpan via tendangan penjuru. Meski dikawal oleh sejumlah pemain bertahan Brighton, tapi Van Dijk berhasil menyonsong bola tersebut dan menggetarkan jala gawang tim tamu. Keunggulan dua gol Liverpool ini pun terus bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Liverpool terus mengendalikan permainan. Upaya Brighton untuk menyamakan kedudukan selalu berakhir dengan kegagalan.

Solidnya lini belakang The Reds mampu menghalau semua upaya serangan tim tamu. Kendati begitu, kesalahan fatal dilakukan kiper Liverpool, Alisson, pada menit ke-76.

Penjaga gawang asal Brasil itu kedapatan menghalau bola dengan tangannya di luar kotak penalti. Wasit langsung mengeluarkan kartu merah dan mengusir Allison, sekaligus memberikan hadiah tendangan bebas buat Brighton di depan kotak penalti The Reds. Kesempatan ini tidak disia-siakan Brighton.

Memanfaatkan kelengahan para penggawa Liverpool yang tengah membentuk pagar betis, gelandang Brighton, Neat Maupay, mengeksekusi tendangan bebas tersebut dan berhasil merobek gawang Liverpool. Meski sempat diprotes para pemain Liverpool, tapi wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Namun, gol ini tidak cukup untuk membuat Brighton pulang dari Stadion Anfield dengan raihan poin. Skor 2-1 tetap bertahan dan membawa Liverpool memperpanjang rekor belum terkalahkan di pentas Liga Primer Inggris musim ini, dan makin kokoh di puncak klasemen sementara.

Tim besutan Juergen Klopp itu berhasil mengumpulkan 40 poin dari 14 laga dan berhak memimpin papan klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Sedangkan peringkat kedua ditempati oleh juara musim lalu, Manchester City, yang gagal memetik poin penuh di laga pada pekan ke-14 usai ditahan imbang Newcastle United, 2-2, Sabtu (30/11) malam.

Sebenarnya, City memiliki koleksi poin yang sama dengan Leicester City, 29 poin. Namun, Leicester City. Namun, Leicester baru akan memainkan laga ke-14, menghadapi Everton, Minggu (1/11) waktu setempat.

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top