jatimnow alexametrics

Rakernas Peradi Rekomendasikan Otto Hasibuan jadi Ketua Umum

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Farizal Tito
Rakernas Peradi
Rakernas Peradi

jatimnow.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) melahirkan beberapa rekomendasi.

Dua diantaranya adalah mengawal Peradi sebagai wadah tunggal organisasi advokat (single bar) dan mengantarkan Otto Hasibuan sebagai calon tunggal Ketua Umum Peradi periode 2020-2025.

"Ada beberapa simpulan-simpulan. Tiga paragraf pertama yang paling penting yakni soal-soal berhubungan dengan organisasi, soal-soal yang berhubungan dengan program kerja, dan yang ketiga ini paling menarik, terkait dengan pemberian rekomendasi," kata Ketua Umum DPN Peradi, Fauzi Hasibuan, Jumat (29/11/2019).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Sekretaris Peradi, Thomas E Tampubolon mengatakan dari 129 cabang yang hadir di Rakernas, 120 cabang merekomendasikan Otto Hasibuan untuk maju sebagai calon tunggal Ketum Peradi di Musyawarah Nasional Peradi 2020 mendatang. Saat ini Otto menjadi Ketua Dewan Pembina DPN Peradi.

Menurut Thomas, mayoritas cabang menginginkan Otto memimpin lagi sebagai wadah tunggal organisasi advokat dan marwah advokat terasa betul.

"Di masa beliau Peradi kuat," katanya.

Otto Hasibuan mengaku sebetulnya berat dengan dorongan menjadi Ketum Peradi lagi. Namun, demi mengembalikan marwah dan meningkatkan kembali profesionalisme advokat, dia mau menjalankan amanah itu.

"Sebab, kalau tidak tertata yang dirugikan adalah para pencari keadilan (klien)," ujarnya.

Sejak Mahkamah Agung mengeluarkan surat edaran Nomor 73/KMA/HK/IX/2015, organisasi advokat terpecah-pecah dan profesi advokat mudah didapat karena tidak selektif.

Peradi sendiri terbelah menjadi tiga, dua di antaranya kubu Fauzi Hasibuan atau Otto Hasibuan dan Juniver Girsang.

Otto mengaku sebetulnya beberapa kali sudah bertemu dengan Juniver membicarakan soal masa depan Peradi agar kembali bersatu seperti dahulu.

Namun, kata sepakat belum ditemukan. Andaikata Juniver mau, Otto mengaku siap untuk menyerahkan masa depan Peradi kepada anggota yang muda-muda agar menyatu dan kuat.

"Itu bisa lewat Munaslub," tandasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif