Hidup Sehat, Cara Terbaik Untuk Mencegah Stroke

jatimnow.com - Dok, saya bapak Toni F usia 44 tahun sudah dua kali terserang stroke ringan, keluhan sekarang terutama rasa kesemutan terus menerus di tubuh sisi kiri sampai ke wajah. Sempat Fisioterapi dan akupuntur untuk meringankan gejala tersebut. Saya mau tanya apa saja cara terbaik untuk mencegah terjadinya Stroke. Jika sudah Stroke apakah ada kemungkinan untuk sembuh?

Jadi Stroke adalah suatu kejadian dimana kerusakan atau hambatan aliran darah pada otak yang mengakibatkan kematian dari sel otak itu sendiri.

Ada dua jenis Stroke yaitu stroke karena ada sumbatan pada pembuluh darah dan Stroke karena Pecahnya pembuluh darah otak.

Pada umumnya stroke jenis sumbatan gejala dan Outcomenya lebih ringan daripada yang jenis Pecahnya pembuluh darah (biasanya kasus stroke ini lebih fatal). Oleh sebab itu karena tingginya angka kematian dan kecacatan dari penyakit Stroke ini maka cara terbaik adalah dengan melakukan pencegahan stroke sedari dini. Salah satunya dengan upaya hidup sehat.

1. Stop Rokok dan Alkohol

2. Olahraga rutin

3. Sering Checkup tekanan darah

4. Kurangi Stress

5. Kurangi makanan berlemak

6. Jika anda pasien diabetes, rutin mengontrol Gula darah.

Dengan kita mengurangi faktor resiko, maka kita bisa mengurangi angka kemungkinan terkena Stroke.

Untuk kesembuhan atau pemulihan keluhan paska Stroke, seperti kelumpuhan maupun rasa tidak nyaman, diperlukan upaya multidisiplin dan usaha panjang. Seperti rutin fisioterapi, makan-makanan bergizi, dan tetap bersabar. Otak memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri, namun usia dan tingkat kerusakan saat stroke juga sangat besar mempengaruhi kecepatan pemulihan.

dr. Ainur Rahman

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top