jatimnow alexametrics

Surat Tilang dari 'HOS Cokroaminoto' untuk Para Pelanggar Lalu Lintas

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Sosok 'HOS Cokroaminoto' membawa surat tilang untuk pelanggar lalu lintas di Ponorogo
Sosok 'HOS Cokroaminoto' membawa surat tilang untuk pelanggar lalu lintas di Ponorogo

jatimnow.com - Jelang peringatan Hari Pahlawan, Satlantas Polres Ponorogo melakukan razia kendaraan bermotor dengan menghadirkan duplikasi sosok pahlawan nasional HOS Cokroaminoto, Selasa (5/11/2019).

Saat razia dimulai, dua anggota yang berdandan ala HOS Cokroaminoto itu ikut memeriksa kelengkapan masing-masing kendaraan. Hal itu membuat beberapa pengendara tampak kaget.

Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso mengatakan, sosok seperti HOS Cokroaminoto itu dihadirkan untuk menyambut Hari Pahlawan. Apalagi HOS Cokroaminoto merupakan Pahlawan Nasional asal Ponorogo.

"Ini kan jelang peringatan hari pahlawan, jadi ada HOS Cokroaminoto. Sekaligus untuk menghormati para pahlawan," tutur Bambang.

Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso didampingi dua sosok seperti HOS Cokroaminoto menindak salah satu pelanggarKasatlantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso didampingi dua sosok seperti HOS Cokroaminoto menindak salah satu pelanggar

Bambang menambahkan, dalam Operasi Zebra Semeru 2019 yang berlangsung mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019 ini, pelanggar didominasi atau sekitar 80 persen adalah pelajar.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Dalam Operasi Zebra Semeru 2019, lanjut Bambang, semua pelanggar diwajibkan mengikuti proses sidang kerjasama di tempat bekerjasama dengan pengadilan dan kejaksaan. Operasi kali ini juga sekaligus sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat bagaimana prosedur penilangan, agar tidak ada ungkapan negatif masyarakat.

"Tilang itu disidangkan dan denda dimasukkan ke dalam kas negara. Jadi masyarakat bisa ikut prosedurnya langsung dan mengetahui langsung proses penindakan tilang sampai dibayar kas negara," tegasnya.

Operasi serupa akan terus dilakukan, untuk menekan jumlah pelanggar lalu lintas di bumi reog.

"Kami juga akan terus sosialisasi dan edukasi ke sekolah-sekolah supaya tidak ada pelajar di bawah umur yang mengendarai motor. Masyarakat juga harus melengkapi surat-surat, mengenakan helm dan tidak memodifikasi kendaraannya," tambahnya.

 

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg