Peringati Hardiknas, Siswa SD di Malang Jadi Mahasiswa Sehari

jatimnow.com - Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), ratusan murid dari 8 sekolah dasar (SD) baik negeri dan swasta di Malang berkesempatan mengikuti perkuliahan selama sehari di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (2/5/2019).

Sebanyak 465 siswa SD tersebut merasakan sensasi menjadi anak kuliah sehari dengan melakukan berbagai kegiatan pembelajaran dan permainan.

Didampingi guru sekolah masing-masing, para siswa diajak membuat robot, mengenal peternakan sapi dan kambing, menjadi reporter dan jurnalis, bermain alat musik, dan mengenal berbagai kesenian mulai pantonim hingga musikalisasi baca puisi.

Tito Dimas, salah satu siswa SDN Ngaglik Kota Batu mengatakan dirinya mengenal berbagai hal baru saat berkesempatan mengikuti perkuliahan sehari di UMM.

"Tadi belajar IPA ada teknik katrol, robotik, seni baca puisi. Senang bisa mengenal dan belajar sambil bermain di sini," kata siswa kelas 3 ini.

Selain siswa, guru pendamping juga merasakan manfaat belajar sambil praktek langsung. Guru SDN 2 Tawangargo, Ninik Lestari mengatakan dengan program bertajuk 'Kids on Campus' bisa memberi stimulus dan memberi tahu bagi anak-anak didik.

"Selama ini di sekolah kita hanya teori saja, di sini mereka diajarkan secara langsung bagaimana cara beternak, hingga membuat robot," kata guru kelas 5 SDN 2 Tawangargo.

 

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top