Tinjau UNBK SMP, Plt Bupati Trenggalek: Semoga Lulus 100 Persen

jatimnow.com - Plt Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin atau Cak Ipin meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP sederajat, Senin (22/4/2019).

Tahun 2019, tercatat sebanyak 9.641 siswa SMP sederajat mengikuti UNBK. Jumlah tersebut berasal dari 80 SMP baik swasta maupun negeri serta 22 lembaga MTS negeri dan swasta. Ribuan siswa ini akan mengkui UNBK selama 4 hari.

Usai melakaukan peninjauan, Cak Ipin mengaku seluruh infratruktur yang ada di sekolah sudah siap untuk digunakan dalam pelaksanaan UNBK tahun ini. Setiap sekolah sudah mempunyai laptop maupun komputer sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat.

"Meskipun masih kurang, tapi sudah bisa digunakan untuk pelaksanaan UNBK tahun ini," ujar Cak Ipin, Senin (22/04/2019).

Terbatasnya jumlah komputer dan laptop yang tersedia ini membuat pelaksanaan UNBK dilakukan secara bertahap. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mengikuti UNBK ini. Rata-rata setiap sekolah membagi sebanyak dua hingga tiga kelompok sesuai dengan jumlah komputer yang ada.

"Kalau yang di SMP 1 Trenggalek ini dibagi dua tahap kelompok," tambahnya.

Terdapat empat mata pelajaran yang akan diujikan selama UNBK, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ujian untuk Empat mata pelajaran itu wajib diikuti para siswa sebagai salah satu syarat kelulusan.

"Kita doakan semoga semua siswa SMP bisa lulus 100 persen dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya," pungkas Cak Ipin.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top