Bupati Sebut 3 Tanggul Jebol Jadi Penyebab Banjir di Madiun

jatimnow.com - Bupati Ahmad Dawami Ragil Saputro menyebutkan penyebab utama banjir di Kabupaten Madiun karena jebolnya 3 tanggul. Ketiga tanggul tersebut berada di Sungai Jeroan, Desa/Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun.

"Ada tiga tanggul di anakan Sungai Bengawan Madiun atau biasa di sebut Sungai Jeroan jebol," kata Kaji Mbing, sapaan akrab Ahmad Dawami Ragil Saputro, Kamis (7/6/2019).

Hujan deras yang mengguyur hampir merata sejak Selasa (5/3/2019) siang sampai Rabu (6/3/2019) di wilayah Kabupaten Madiun membuat volume air meningkat. Ditambah dengan air kiriman dari wilayah tinggi (gunung) yang membuat debit air sungai tinggi.

Dari saat itu, lanjut ia, aliran Sungai Bengawan Solo mendapatkan kiriman dari gunung. Kemudian berlanjut ke Bengawan Madiun.

"Sampai akhirnya tidak kuat. 3 tanggul jebol. Dan akhirnya meluber ke rumah warga," katanya.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa telah meminta kepada BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Bengawan Solo agar ada eskavator yang bisa segera bergerak begitu air surut.

Dan melakukan pembersihan dan memperbaiki tanggul agar tidak lagi meluap ke perkampungan.  

Untuk sekedar diketahui, Banjir di Kabupaten Madiun terus meluas. Air yang semula menggenangi 3 kecamatan meluas menjadi 8 kecamatan.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top